Naputri, Ridho Fenni (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA DI MAS AMALIYAH SUNGGAL. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8116174021 COVER.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
2. NIM. 8116174021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
3. NIM. 8116174021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8116174021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 8116174021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 8116174021 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8116174021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8116174021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 8116174021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. NIM. 8116174021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
14. NIM. 8116174021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis; (2) Minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis; (3) Interaksi model pembelajaran berbasis masalah dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis; (4) Model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa; (5) Minat belajar terhadap hasil belajar siswa; dan (6) Interaksi model pembelajaran berbasis masalah dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini diambil sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak teknik cluster random sampling. Penetapan kelas pembelajaran diperoleh menjadi 2 kelas dengan sampel tiap kelas 38 orang. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen penelitian berupa angket untuk minat, tes untuk kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Teknik analisis menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan: (1) Model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis yang diperoleh Fhitung>Ftabel (6,971>2,50) serta nilai probabilitas 0,010<0,05; (2) Minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis yang diperoleh Fhitung>Ftabel (24,949>2,50) serta nilai probabilitas 0,000<0,05; (3) Interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis yang diperoleh Fhitung>Ftabel (4,140>2,50) serta nilai probabilitas 0,046<0,05; (4) Model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh Fhitung>Ftabel (25,269>2,50) serta nilai probabilitas 0,000<0,05; (5) Minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh Fhitung>Ftabel (13,888>2,50) serta nilai probabilitas 0,000<0,05; dan (6) Interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh Fhitung>Ftabel (4,291>2,50) serta nilai probabilitas 0,042<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari strategi, minat, serta interaksi strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan manusia di MAS Amaliyah Sunggal. Hal tersebut diharapkan dapat memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan minat belajar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.307 12 Nap p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Minat; Kemampuan berpikir kritis; Hasil belajar; Sistem pencernaan makanan manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 04:34 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20021 |