Daulay, Utami Alam (2016) PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DAN RETENSI SISWA PADA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS VIII SMP N 5 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136174031 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM 8136174031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
3. NIM 8136174031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
4. NIM 8136174031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM 8136174031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM 8136174031 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 8136174031 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 8136174031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM 8136174031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
13. NIM 8136174031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 8136174031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh blended learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar; (2) pengaruh blended learning berbasis edmodo terhadap retensi belajar; (3) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar; (4) pengaruh motivasi belajar terhadap retensi belajar; (5) interaksi antara blended learning berbasis edmodo dan motivasi terhadap hasil belajar; dan (6) interaksi antara blended learning berbasis edmodo dan motivasi terhadap retensi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Medan. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling (sampel acak berkelompok) yaitu 2 kelas yang berjumlah 68 siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Medan. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar IPA biologi siswa, angket motivasi, dan angket retensi belajar siswa. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen (quasi eksperimental method) dengan teknik analisis hipotesis ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) terdapat pengaruh blended learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar (Fhitung = 86,668; P. = 0,000); (2) terdapat pengaruh blended learning berbasis edmodo terhadap retensi belajar (Fhitung = 35,476; P. = 0,000); (3) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar (Fhitung = 37,597; P. = 0,000); (4) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap retensi belajar (Fhitung = 13,004; P. = 0,000); (5) terdapat interaksi antara blended learning berbasis edmodo dan motivasi terhadap hasil belajar (Fhitung = 4,942; P. = 0,003); dan (6) terdapat interaksi antara blended learning berbasis edmodo dan motivasi terhadap retensi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Medan (Fhitung = 2,946; P. = 0,031). Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran blended learning berbasis edmodo yang merupakan sumber belajar online mendorong siswa untuk belajar lebih aktif, dan meningkatkan daya tarik pembelajaran pada motivasi belajar siswa dan memberikan dampak yang baik terhadap retensi belajar dan peningkatan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.15 Dau p |
Keywords: | Model pembelajaran blended learning; Edmodo; Motivasi belajar; Retensi; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 03:33 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19997 |