Junaida (2016) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V MIN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146181011 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2. NIM 8146181011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
3. NIM 8146181011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 8146181011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM 8146181011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 8146181011 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 8146181011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8146181011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 8146181011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
13. NIM 8146181011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 8146181011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kemampuan berbicara Bahasa Indonesia yang diperoleh siswa. Ini disebabkan model dan strategi dan media dalam pembelajaran kurang dilaksanakan dengan baik dan siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengetahui: (a) hasil belajar siswa kelas V MI pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, (b) penggunaan media Gambar Berseri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V. Di dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui: (a) tes lisan, (b) wawancara, (c) observasi, dan (d) catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Dan perlu diketahui juga bahwa disetiap siklus terdiri dari tahapan-tahapan, yaitu: (a) tahapan perencanaan (planning), (b) tahapan tindakan (action), (c) tahapan pengamatan (observation), dan (d) tahapan refleksi (reflection). Hasil yang didapatkan dari tahap tindakan dan observasi dikumpulkan dan dianalisa, sehingga diperoleh suatu keseimpulan dari tindakan yang telah dilaksanakan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa MI kelas V sebanyak 32 siswa. Tindakan pada siklus I yang berhasil sebanyak 21 siswa (65,63%) sedangkan siswa yang belum berhasil sebanyak 11 siswa (34,37%), dan skor rata-rata 62,03. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan berbicara siswa pada tindakan siklus I ini dalam memahami materi berdasarkan tingkat keberhasilan masih tergolong rendah atau belum tuntas. Pada tindakan siklus II yang telah berhasil dalam belajar sebanyak 28 siswa (87,5%), yang belum tuntas sebanyak 4 siswa (12,5%) dengan skor rata-rata 83,96. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan berbicara siswa dalam memahami materi cerita rakyat serta penggunaannya sudah berhasil atau tuntas. Berdasarkan data di atas peneliti menyimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Jun p |
Keywords: | Kemampuan berbicara; Media; Metode pembelajaran; Media gambar; Gambar berseri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 07:06 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19687 |