PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SEKOLAH DASAR SWASTA MUHAMMADIYAH 01 KOTA PEMATANGSIANTAR

Damanik, Erlinawati (2016) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SEKOLAH DASAR SWASTA MUHAMMADIYAH 01 KOTA PEMATANGSIANTAR. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 8146182008 JUDUL.pdf]
Preview
Text
1 NIM 8146182008 JUDUL.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 8146182008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM 8146182008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 8146182008 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 NIM 8146182008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 8146182008 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 NIM 8146182008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 8146182008 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM 8146182008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 8146182008 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 NIM 8146182008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 8146182008 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM 8146182008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 8146182008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 NIM 8146182008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 8146182008 BAB I.pdf]
Preview
Text
9 NIM 8146182008 BAB I.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 8146182008 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 8146182008 BAB V.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 8146182008 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM 8146182008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil Belajar Ilmu Pengetahun Alam peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang diajarkan dengan dengan
pendekatan pembelajaran konvensional; (2) Perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahun Alam peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah; (3) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahun Alam peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Swasta Muhammadiyah 01 Kota Pematangsiantar. Teknik penggunaan sampel pada penelitian ini adalah Random Sampling. Sampel penelitian berjumlah 90 peserta didik dimana 45 peserta didik kelas IVa sebagai kelompok eksperimen yang diajakan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dan 45 peserta didik kelas IV b sebagai kelompok kontrol yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar Ilmu
Pengetahun Alam peserta didik. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 2, dimana teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Anova dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05 atau 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar Ilmu Pengetahun Alam peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pebelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingan dengan yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional ( ̅x = 84,22 > ̅= 68,67), (2) Terdapat perbedaan hasil
belajar Ilmu Pengetahun Alam peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah ( ̅x = 82,22 > ̅x = 70,67), (3) Terdapat interaksi antara
pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik, hal ini terlihat dari Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik yang diajar dengan pembelajaran kontekstual
yakni kelompok tinggi ̅x = 88,04, dan kelompok rendah ̅x = 80,23, lebih besar jika dibandingkan dengan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional yaitu kelompok tinggi ̅x = 76,14, dan kelompok rendah ̅x = 61,52.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.35 Dam p
Keywords: Pendekatan pembelajaran kontekstual; Motivasi belajar; Pendekatan pembelajaran; Ilmu pengetahuan alam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Sep 2016 07:57
Last Modified: 20 Sep 2016 07:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19666

Actions (login required)

View Item
View Item