Siregar, Irdes Hidayana (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA SWASTA AN-NIZAM MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM.8146175014 COVER.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
2.NIM.8146175014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
3.NIM.8146175014 ABSTRCK 1.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4.NIM.8146175014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5.NIM.8146175014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
6.NIM.8146175014 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7.NIM.8146175014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
8.NIM.8146175014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9.NIM.8146175014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
13.NIM.8146175014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14.NIM.8146175014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Fisika berbasis problem based learning pada tingkat SMA yang sesuai dengan model pembelajaran problem based learning dan menganalisis apakah perangkat pembelajaran Fisika berbasis problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini dilakukan pada uji terbatas dengan memakai satu kelas dengan menggunakan metode penelitian pengembangan Four D-Model (4-D). Metode 4-D ini digunakan sebagai metode untuk mendesain perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang sesuai dengan model pembelajaran problem based learning. Tiga tahapan pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS seperti pada tim ahli, kelompok kecil, dan uji lapangan. Penilaian tim ahli didasarkan pada aspek identitas, indikator, pemilihan materi, pemilihan model pembelajaran, kesesuaian kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran dan sumber belajar. Pada kelompok kecil dan uji lapangan berdasarkan respon siswa. Khusus pada penilaian perangkat pembelajaran RPP respon siswa berisi penilaian siswa terhadap kemampuan guru mengajar. Penilaian perangkat pembelajaran LKS berdasarkan aspek kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran, kesesuaian penggunaan bahasa dan kalimat serta tampilan LKS, penggunaan LKS dalam pembelajaran dan kesesuaian model dengan materi dan LKS. Penilaian hasil belajar siswa berdasarkan pretes dan postes dianalisis dengan uji N-gain. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang divalidasi oleh tim ahli dengan kriteria baik. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS pada kelompok kecil dan uji lapangan dengan kriteria baik. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari pertemuan I hingga ke pertemuan III dari kategori rendah ke tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Sir p |
Keywords: | Perangkat pembelajaran; Model pembelajaran problem based learning; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2016 04:09 |
Last Modified: | 15 Sep 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19555 |