Sihombing, Ismadi (2016) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MACROMEDIA FLASH DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH AUTENTIK. Masters thesis, UNIMED.
(1) NIM. 8146175016 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
(2) NIM. 8146175016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
(3) NIM. 81146175016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
(4) NIM. 8146175016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
(5) NIM. 8146175016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
(6) NIM. 8146175016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
(7) NIM. 8146175016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
(8) NIM. 8146175016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
(9) NIM. 8146175016 BAB I.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
(13) NIM. 8146175016BAB V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
(14) NIM. 8146175016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : efek model Problem Based Learning dengan macromedia flash terhadap keterampilan pemecahan masalah autentik siswa, untuk mengetahui efek berpikir kritis terhadap keterampilan pemecahan masalah autentik siswa dan untuk mengetahui interaksi antara model Problem Based Learning dan berpikir kritis terhadap keterampilan pemecahan masalah autentik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pematangsiantar. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen diterapkan model Problem Based Learning menggunakan macromedia flash dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen keterampilan pemecahan masalah dalam bentuk essai sebanyak 5 soal dan instrumen berpikir kritis bentuk essai sebanyak 5 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan pemecahan masalah autentik siswa yang menerapkan model Problem Based Learning menggunakan macrodia flash lebih baik daripada keterampilan pemecahan masalah dengan pembelajaran konvensional. Keterampilan pemecahan masalah autentik siswa yang memiliki berpikir kritis tinggi lebih baik daripada keterampilan pemecahan masalah autentik siswa yang memiliki berpikir kritis rendah. Model Problem Based Learning menggunakan macromedia flash dan berpikir kritis berinteraksi dalam mempengaruhi keterampilan pemecahan masalah autentik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Sih e |
Keywords: | Model problem based learning; Macromedia flash; Berpikir kritis; Keterampilan pemecahan masalah autentik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2016 03:53 |
Last Modified: | 15 Sep 2016 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19552 |