Muliani (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MEDIA PHET DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146175021 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 8146175021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3. NIM. 8146175021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM. 8146175021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. NIM. 8146175021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
6. NIM. 8146175021 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM. 8146175021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 8146175021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM. 8146175021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
13. NIM. 8146175021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM. 8146175021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: keterampilan proses sains siswa dengan model pembelajaran inquiry training menggunakan media Phet dan pembelajaran direct instruction, keterampilan proses sains siswa yang memiliki berpikir kritis di atas rata-rata dan berpikir kritis di bawah rata-rata serta interaksi model pembelajaran inquiry training menggunakan media Phet dan berpikir kritis dalam mempengaruhi keterampilan proses sains siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimen menggunakan pretes-posttest control group design. Sampel penelitian ini yaitu kelas X_7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X_6 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara cluster random sampling. Data dalam penelitian ini dilakukan uji normalitas dan homogenitas kemudian data dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan proses sains siswa dengan model pembelajaran inquiry training menggunakan media Phet lebih baik dari pada pembelajaran direct instruction, (2) keterampilan proses sains siswa yang memiliki berpikir kritis di atas rata-rata lebih baik daripada keterampilan proses sains siswa yang memiliki berpikir kritis di bawah rata-rata dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training menggunkan media Phet dan Direct Instruction dan berpikir kritis dalam mempengaruhi keterampilan proses sains fisika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Mul e |
Keywords: | Inquiry training; Keterampilan proses sains; Berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2016 03:15 |
Last Modified: | 15 Sep 2016 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19548 |