Lubis, Hutri Purnama Sary (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI ANIMALIA DI SMA NEGERI 11 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146174017_COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 8146174017_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
3. NIM. 8146174017_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 8146174017_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 8146174017_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 8146174017_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 8146174017_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. NIM. 8146174017_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 8146174017_BAB I.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
13. NIM. 8146174017_BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. NIM. 8146174017_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap: (1) Kemampuan kognitif; (2) Keterampilan Proses Sains; dan (3) Sikap Ilmiah Siswa di kelas X SMA 11 Negeri Medan. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara cluster ramdom sampling. Kelas X7 dibelajarkan dengan dengan Model Inkuiry, kelas X8 dibelajarkan dengan Model Kooperatif (Group Investigation), dan kelas X9 (kontrol) dibelajarkan dengan Model Konvensional. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes kemampuan kognitif dan instrumen keterampilan proses sains dengan menggunakan tes essay, dan instrumen sikap ilmiah siswa dengan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANAKOVA) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21,0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan kognitif siswa (F= 15,916; P= 0,000). Kemampuan kognitif siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiry (87,46± 5,404) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model Kooperatif (Group Investigation) (83,13±6,509), maupun model konvensional (79,73±6,329); (2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa (F= 22,760; P= 0,000). Keterampilan Proses Sains siswa yang dibelajarkan dengan inkuiry (87,72±5,129) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model Kooperatif (Group Investigation) (83,55±5,844), maupun model konvensional (79,25±5,723); (3) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap sikap ilmiah siswa (F= 31,813; P= 0,001). Sikap Ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiry (86,62±5,393) signifikan sama dengan model Kooperatif (Group Investigation) (84,07±4,817); dan lebih tinggi dibandingkan model konvensional (77,88±4,837). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran inkuiry pada materi Animalia dalam upaya meningkatkan kemampuan kognitif, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Lub p |
Keywords: | Kemampuan kognitif; Keterampilan proses sains; Sikap ilmiah; Inkuiry; Kooperatif (group investigation); Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Sep 2016 03:45 |
Last Modified: | 14 Sep 2016 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19536 |