Pulungan, Aisyahro (2016) HUBUNGAN PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123311001_COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM. 2123311001_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
3. NIM. 2123311001_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 2123311001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 2123311001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM. 2123311001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 2123311001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 2123311001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 2123311001_BAB I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
13. NIM. 2123311001_BAB V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14. NIM. 2123311001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks Biografi oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 219 orang. Sampel yang diambil adalah 38 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data pemahaman isi, struktur, ciri kebahasaan , dan kemampuan menulis teks biografi oleh siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 60 soal dan essay tes 1 soal yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Penguji hipotesis dilakukan dengan uji “r.” Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pemahaman isi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 80,79 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (1,985 > 0,320), kemampuan siswa dalam pemahaman struktur termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 79,08 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (290 > 0,320), kemampuan siswa dalam pemahaman ciri kebahasaan termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 75,92 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (2,730 > 0,320), sedangkan kemampuan siswa dalam kemampuan menulis teks biografi dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 80,39 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (1,985 > 0,320). Pada taraf signifikan α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks biografi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2015/201
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 083 |
Keywords: | Teks Biografi; Ciri Kebahasaan; Kemampuan Menulis Teks Biografi |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > CT Biography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 08:36 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19506 |