Sari, Dessy Novita (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SELESAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2121111003 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 2121111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
3. NIM 2121111003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
4. NIM 2121111003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM 2121111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
6. NIM 2121111003 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 2121111003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM 2121111003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
12. NIM 2121111003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
13. NIM 2121111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh media Pembelajaran
Flashcard dalam menulis teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Selesai Tahun
Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX
SMP Negeri 1 Selesai yang berjumlah 298 orang. Sementara sampel diambil
secara random sampling (acak kelas), sebanyak 32 siswa yaitu kelas IX-1. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group
pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah
tes essay dalam bentuk penugasan yaitu menulis teks pidato. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan menggunakan uji “t”.
Metode dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen yang dilaksanakan
pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks pidato dengan tanpa
perlakuan media Pembelajaran Flashcard termasuk dalam kategori cukup dengan
nilai rata-rata 68,1 sedangkan sesudah perlakuan media Pembelajaran Flashcard
termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 79,5. Selanjutnya pengujian
hipotesis menunjukkan thitung > ttabel atau 4,45 > 2,04 pada taraf signifikan =
0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan
hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu media Pembelajaran Flashcard lebih
berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX
SMP Negeri 1 Selesai Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Hal ini membuktikan bahwa hasil pembelajaran menulis teks pidato dengan
menggunakan media Pembelajaran Flashcard lebih berpengaruh. Media ini
berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks pidato. Dengan demikian,
guru diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang berbeda dan berkreasi
dalam proses belajar mengajar, serta memperhatikan media pembelajaran yang
terus berkembang pada dunia pendidikan. Sehingga siswa lebih berminat dan
termotivasi pada saat proses belajar mengajar berlangsung, khususnya didalam
pembelajaran menulis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 070 |
Keywords: | Media Pembelajaran Flashcard; Menulis; Pidato. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 07:00 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 07:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19491 |