PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM PENCERNAAN DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 LANGSA

Roza, Cut Badzlina (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM PENCERNAAN DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 LANGSA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146173001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146173001 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146173001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146173001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146173001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146173001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146173001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146173001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146173001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146173001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146173001 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146173001 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146173001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146173001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146173001 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146173001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146173001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146173001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146173001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146173001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146173001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146173001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap: (1) hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan; dan (2) keterampilan proses sains siswa SMA Negeri 1 Langsa. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas dengan teknik cluster random sampling. Kelas A dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah, kelas B dengan model penemuan terbimbing, sedangkan kelas C (kontrol) dengan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan Analisis Covariat (ANACOVA) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa (F = 71,284; P = 0.00). Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan dengan model pembelajaran berbasis masalah (84,1 ± 5,2) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model penemuan terbimbing (78,4 ± 6,2), maupun pembelajaran konvensional (65,7 ± 6,9); (2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains siswa (F = 50,953; P = 0.00). Keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah (84,5 ± 5,3) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan model penemuan terbimbing (75,30 ± 7,7), maupun pembelajaran konvensional (65,90 ± 8,1).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 573.307 12 Roz p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Penemuan terbimbing; Hasil belajar; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Sep 2016 04:04
Last Modified: 13 Sep 2016 04:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19474

Actions (login required)

View Item
View Item