Roza, Cut Badzlina (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM PENCERNAAN DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 LANGSA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146173001 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 8146173001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
3. NIM. 8146173001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 8146173001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 8146173001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 8146173001 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8146173001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8146173001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8146173001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
13. NIM. 8146173001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 8146173001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap: (1) hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan; dan (2) keterampilan proses sains siswa SMA Negeri 1 Langsa. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas dengan teknik cluster random sampling. Kelas A dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah, kelas B dengan model penemuan terbimbing, sedangkan kelas C (kontrol) dengan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan Analisis Covariat (ANACOVA) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa (F = 71,284; P = 0.00). Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan dengan model pembelajaran berbasis masalah (84,1 ± 5,2) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model penemuan terbimbing (78,4 ± 6,2), maupun pembelajaran konvensional (65,7 ± 6,9); (2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains siswa (F = 50,953; P = 0.00). Keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah (84,5 ± 5,3) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan model penemuan terbimbing (75,30 ± 7,7), maupun pembelajaran konvensional (65,90 ± 8,1).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.307 12 Roz p |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Penemuan terbimbing; Hasil belajar; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 04:04 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19474 |