Sari, Atika (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI OLEH SISWA KELAS X SMA NUSANTARA LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123111006 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 2123111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
3. NIM. 2123111006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4. NIM. 2123111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 2123111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 2123111006 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 2123111006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 2123111006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
12. NIM. 2123111006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
13. NIM. 2123111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi oleh siswa kelas X SMA Nusantara Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 225 siswa. Dari 225 siswa, ditetapkan 36 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis paragraf argumentasi sebelum menggunakan media audiovisual masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 63,33, sedangkan kemampuan siswa menulis paragraf argumentasi sesudah menggunakan media audiovisual masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 78,33. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (5,72) > ttabel (2,03) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian
ditolak dan
diterima, hal ini berarti ada pengaruh media audiovisual terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Nusantara Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2015/2016. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis paragraf argumentasi sesudah menggunakan media audiovisual lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan media audiovisual, proses pembelajaran sesudah menggunakan media audiovisual berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 130 |
Keywords: | Media Audiovisual; Menulis Paragraf Argumentasi; SMA Nusantara Lubuk Pakam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Sep 2016 08:36 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19437 |