Nasution, Dwi Putria (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DI SMP N 4 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146171019 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM 8146171019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
3. NIM 8146171019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM 8146171019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. NIM 8146171019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM 8146171019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
7. NIM 8146171019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
8. NIM 8146171019 BAB I.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
12. NIM 8146171019 BAB V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
13. NIM 8146171019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk melihat: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan realistik lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) Peningkatan self-efficacy siswa yang diajar dengan Pendekatan realistik lebih baik daripada self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) Interaksi antara pembelajaran dengan gender terhadap kemampuan komunikasi matematis, (4) Interaksi antara pembelajaran dengan gender terhadap self-efficacy siswa, (5) Respon siswa terhadap matematika dengan menggunakan pendekatan realistik. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 1 Padangsidimpuan. Dan dipilih secara acak dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan realistik dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-efficacy. Analisis data dilakukan dengan uji ANAVA 2 jalur. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan realistik lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) Peningkatan self-efficacy matematis siswa yang diajar dengan pendekatan realistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan gender terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan gender terhadap peningkatan self-efficacy matematis siswa, (5) Respon siswa terhadap matematika setelah belajar dengan pendekatan realistik adalah positif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Nas p |
Keywords: | Pendekatan realistik; Kemampuan komunikasi matematis; Self efficacy |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 01:46 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 01:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19389 |