Juniati, Nova (2016) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 DEWANTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146171057 Cover.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 8146171057 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
3. NIM 8146171057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. NIM 8146171057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM 8146171057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
6. NIM 8146171057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. NIM 814611057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8146171057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
9. NIM 8146171057 BAB I.pdf - Published Version
Download (770kB) | Preview
13. NIM 8146171057 BAB V.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
14. NIM 8146171057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh yang signifikan model (PBL,konvensional) terhadap kemampuan komunikasi matematis; 2) Pengaruh yang signifikan model (PBL,konvensional) terhadap kemandirian belajar; 3) Interaksi antara model dan gender terhadap kemampuan komunikasi matematis; 4) Interaksi antara model dan gender terhadap kemandirian belajar; 5) Proses jawaban siswa terhadap kemampuan komunikasi pada masing-masing pembelajaran. Jenis penelitian ini quasi eksperiment. Desain penelitian ini faktorial design. Populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Dewantara. Sampel menggunakan random sampling yang terdiri dari dua kelas, kelas VIII1 diberi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas VIII3 diberi pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari tes KAM, kemampuan komunikasi matematis, serta angket kemandirian belajar. Analisis data menggunakan ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model (PBL,konvensional) terhadap kemampuan komunikasi matematis. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung = 37,028 lebih besar Ftabel adalah 4,06 dengan Sig<0,05 yaitu 0,000<0,05; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan model (PBL,konvensional) terhadap kemampuan kemandirian belajar. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung = 4,995 lebih besar Ftabel adalah 4,06 dengan sig<0,05 yaitu 0,031<0,05; 3) Tidak terdapat interaksi antara model dan gender terhadap kemampuan komunikasi. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung = 0,097 lebih kecil dari Ftabel adalah 4,06 dengan sig≥0,05 yaitu 0,757≥0,05; 4) Tidak terdapat interaksi antara model dan gender terhadap kemandirian belajar. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung = 0,126 lebih kecil dari Ftabel adalah 4,06 dengan sig≥0,05 yaitu 0,724≥0,05; 5) Proses penyelesaian jawaban siswa dengan Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Jun p |
Keywords: | Kemampuan komunikasi matematis; Kemandirian belajar; Problem based learning (PBL); Pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 02:55 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19364 |