Jaselton, - (2014) Implementasi Strategi Pembelajaran Ranah Motorik Model TWI (Trainning Within Industry) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Pembelajaran Memahami Pengukuran Komponen Elektronika (MPKE) pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik A di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, Skripsi, Medan: Fakultas Teknik – Universitas Negeri Medan, 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER OK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
KATA PENGANTAR OK.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
SURAT PERNTATAAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
DARTAR ISI OK.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR OK.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
DAFRAT TABEL OK.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
DAFRAT LAMPIRAN OK.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
BAB I TWI OK.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan Strategi Pembelajaran ranah motorik model TWI dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa pada kompetensi Memahami Pengukuran Komponen Elektronika pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik A di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik A di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam sebanyak 30 orang. Subjek penelitian ini dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran ranah motorik model TWI. Sedangkan penelitiannya menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Hasil analisis statistik diskriptif menunjukkan bahwa pembelajaran praktik pengukuran komponen elektronika yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ranah motorik model TWI adalah memperoleh persentase rata-rata skor klasikal sebesar 77.03 % pada siklus I. Dan pembelajaran pada siklus II adalah revisi dari proses pembelajaran siklus I dan persentase rata-rata skor klasikal meningkat menjadi 83.44 %. Hasil dari penelitian PTK ini menunjukkan bahwa (a) strategi pembelajaran ranah motorik model TWI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan ranah psikomotor, (b) strategi pembelajaran ranah motorik model TWI dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 330 719 Jas i |
Keywords: | Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran Tanah Motorik; Pengukran Komponen Elektronika (MPKE) |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19183 |