Satriawan, - (2014) PENGARUH PENERAPAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR MERAKIT PERSONAL COMPUTER SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
Cover .pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
Pernyataan Tidak Pelagiat.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (601kB) | Preview
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
Daftar isi.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
BAB I .pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan multimedia berbasis komputer terhadap hasil belajar merakit Personal Computer siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2013 2014 Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan Semester Ganjil di SMK Negeri 1 Tahun Pembelajaran 2013 2014 yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 71 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 36 orang dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 35 orangMetode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes objektif Untuk menguji normalitas dari data hasil belajar digunakan uji Liliefors dengan taraf signifikan 0 05 Pada pembelajaran dengan menerapkan multimedia berbasis komputer model tutorial diperoleh Lhitung 0799 dan Ltabel 1477 sehingga Lhitung 0799 Ltabel 1477 dan data hasil belajar siswa dengan menerapkan multimedia berbasis komputer model tutorial berdistribusi normal dan pada pembelajaran dengan menerapkan multimedia berbasis komputer model Drill and Practice diperoleh Lhitung 1056dan Ltabel 1497 maka Lhitung 1056 Ltabel 1497 dan data hasil belajar siswa dengan menerapkan multimedia berbasis komputer model Drill and Practice berdistribusi normal Untuk menguji homogenitas data hasil penelitian digunakan uji kesamaan kedua varians yaitu uji F dengan taraf signifikan 0 05 Maka diperoleh Fhitung 1 08 dan Ftabel 1 78 sehingga Fhitung 1 08 Ftabel 1 78 dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen Uji t dengan taraf signifikan 0 05 digunakan untuk menguji data hasil penelitian kemudian diperoleh thitung 2 86 dan ttabel 1 6645 sehingga thitung ttabel dan diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menerapkan multimedia berbasis komputer model tutorial lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan menerapkan multimedia berbasis komputer model Drill and Practice
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.392 071 9 sat p |
Keywords: | Hasil belajar; Media dalam pembelajaran; Multi media; Komputer; Model drill and practice |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Oct 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19170 |