Bintang, Supriyadi (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN DAN PENGGUNAAN ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 508321035 COVER.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
2. 508321035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
3. 508321035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. 508321035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. 508321035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
6. 508321035 TABLES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. 508321035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. 508321035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
10. 508321035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
14. 508321035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. 508321035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran NHT dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Pemeliharaan dan Penggunaan Alat Ukur. Penelitian ini merupakan Kuasi Eksperimen yang membandingkan hasil belajar 2 (dua) kelompok perlakuan dengan rancangan faktorial 2 x 2. Dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dengan jumlah siswa 99 orang. Sampel penelitian berjumlah 69 orang yang ditetapkan melalui teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reabilitas. uji validitas butir tes digunakan rumus korelasi biserial. uji reabilitas tes digunakan rumus K-R20. Instrumen tes hasil belajar Pemeliharaan dan Penggunaan Alat Ukur yang valid diperoleh 28 butir dari 40 butir tes yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitas diperoleh sebesar 0,904. Hasil uji persyaratan annalisis menunjukkan bahwa data hasil belajar siswa berada pada distribusi normal dan variansi populasi adalah homogeny dimana normalitas diuji dengan Chikuadrat dan Homogenitas diuji dengan Uji chikuadrat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa :Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran NHT lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional ( F = 11,0, signifikan pada α = 5 %).Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingakan dengan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah ( F = 4,92, signifikan pada α = 5%).Dengan tingkat motivasi belajar rendah, hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional tidak berbeda secara signifikan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran NHT.Hasil peenelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi model pembelajaran NHT dan motivasi belajar yang mempengaruhi hasil belajar, karena tidak ada perbedaan nilai hasil belajar dari kedua metode tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 629.280 719 Bin p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; NHT (Numbered Heads Together); Motivasi Belajar; Pemeliharaan Alat Ukur |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19154 |