Putri, Tantri Safitri (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) DI KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN & PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Rencana Anggaran Biaya siswa kelas X di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan menerapkan model pembelajaran Siklus Belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2013/ 2014 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan. Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yaitu siklus pertama skor aktivitas rata-rata nilai 59,26 meningkat menjadi 81,85 pada siklus kedua. Selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa juga terjadi pada siklus pertama dengan rata-rata nilai 72,5 meningkat menjadi 84,5 pada siklus kedua. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Siklus Belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB)) pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Selain itu dapat menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan karena siswa aktif dan belajar untuk menemukan sendiri makna dari pembelajarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 690.071 9 Put p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Siklus Belajar; Fase Pendahuluan (Engagement); Rencana Anggaran Biaya (RAB) |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Aug 2018 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19083 |