Wahyuni, Dewi (2013) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN LOKAL PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071255410020 Judul.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
071255410020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
071255410020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
071255410020 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
071255410020 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
071255410020 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071255410020 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
071255410020 Bab I.pdf - Published Version
Download (737kB) | Preview
071255410020 Bab V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
071255410020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Muatan Lokal di kelas XI SMK Negeri 3 Pematang Siantar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi membuat smock jepang dengan menerapkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematang Siantar T.A 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian sebanyak 30 orang siswa. Pelaksanaan PTK dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I dan siklus II. sedangkan observasi meliputi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan pada saat dilakukan tes awal dari 30 orang siswa diperoleh 2 siswa yang mendapat nilai tuntas dengan persentase 6,67% dan 28 siswa mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 93,33%, selanjutnya pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa yang mendapat nilai tuntas dengan persentase 63,33% dan 11 siswa mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 36,67%. Pada siklus II meningkat menjadi 28 siswa mendapat nilai tuntas dengan persentase 93,33% dan 2 siswa mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 6,67%. Jadi dapat dikatakan bahwa ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 30%. Dari hasil observasi, pada siklus I kegiatan siswa selama mengikuti pelajaran diperoleh nilai rata-rata 70,93. Sedangkan pada siklus II ternyata terjadi peningkatan dimana kegiatan siswa selama mengikuti pelajaran memperoleh nilai 80,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Muatan Lokal pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematang Siantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 742.207 19 Wah p |
Keywords: | Media; Pembelajaran; Media Interaktif; Adobe Flash CS 3; Hiasan Smock; Sarung Bantal Kursi; Smock Jepang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19014 |