Putra, Dharchosyah (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PELATIHAN LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR MEMPERBAIKI PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK (MPRTL) SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2013/2014�. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
2. HALAMAN PENGESAHAN DAN PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. DAFTAR REFERENSI.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar memperbaiki peralatan rumah tangga listrik pada pokok bahasan memperbaiki peralatan rumah tangga listrik yang menggunakan alat pemanas dan motor listrik yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Pelatihan Laboratorium siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1Lubuk Pakam tahun ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI bidang keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam tahun ajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TITL1 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen ialah kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Pelatihan Laboratorium yaitu kelas XI TITL1 yang berjumlah 30 siswa, sedangkan yang terpilih sebagai kelas kontrol ialah kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Konvensional yaitu kelas XI TITL2 yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas test, indeks kesukaran soal, reliabilitas test, pengolahan data, dan teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan selama 2 pertemuan. Hasil belajar siswa pada pokok bahasan memperbaiki peralatan rumah tangga listrik yang menggunakan alat pemanas dan motor listrik yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Pelatihan Laboratorium memiliki skor rata – rata 69,867 sedangkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Konvensional memiliki skor rata – rata 68,67. Secara statistik dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Pelatihan Laboratorium lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran memperbaiki peralatan rumah tangga listrik di kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2013/2014, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 2,207 > 1,8504.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.310 719 Put p |
Keywords: | Hasil belajar;MPRTL;Strategi Pembelajaran;Pelatihan Laboratorium;Pembelajran Konvesional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4125 Electric lighting |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18956 |