PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PELATIHAN LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR MEMPERBAIKI PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK (MPRTL) SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2013/2014�

Putra, Dharchosyah (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PELATIHAN LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR MEMPERBAIKI PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK (MPRTL) SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2013/2014�. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 2. HALAMAN PENGESAHAN DAN PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT.pdf]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN DAN PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR REFERENSI.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR REFERENSI.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar memperbaiki peralatan rumah tangga listrik pada pokok bahasan memperbaiki peralatan rumah tangga listrik yang menggunakan alat pemanas dan motor listrik yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Pelatihan Laboratorium siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1Lubuk Pakam tahun ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI bidang keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam tahun ajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TITL1 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen ialah kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Pelatihan Laboratorium yaitu kelas XI TITL1 yang berjumlah 30 siswa, sedangkan yang terpilih sebagai kelas kontrol ialah kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Konvensional yaitu kelas XI TITL2 yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas test, indeks kesukaran soal, reliabilitas test, pengolahan data, dan teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan selama 2 pertemuan. Hasil belajar siswa pada pokok bahasan memperbaiki peralatan rumah tangga listrik yang menggunakan alat pemanas dan motor listrik yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Pelatihan Laboratorium memiliki skor rata – rata 69,867 sedangkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Konvensional memiliki skor rata – rata 68,67. Secara statistik dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Pelatihan Laboratorium lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran memperbaiki peralatan rumah tangga listrik di kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2013/2014, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 2,207 > 1,8504.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 621.310 719 Put p
Keywords: Hasil belajar;MPRTL;Strategi Pembelajaran;Pelatihan Laboratorium;Pembelajran Konvesional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4125 Electric lighting
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 17 Jul 2019 02:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18956

Actions (login required)

View Item
View Item