NirmalaAdek, NirmalaAdek (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BUSANA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 509143002 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. 509143002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
3. 509143002 ABSTRAK ID.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. 509143002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5. 509143002 TABLE CONTENTS.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. 509143002 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. 509143002 TABLE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. 509143002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
13. 509143002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
14. 509143002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir terhadap hasil belajar menggambar busana dan menemukan strategi yang tepat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran menggambar busana. Penelitian dilaksanakan pada Januari 2014, dilaksanakan di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasi eksperiment). Jumlah sampel 25 siswa dengan teknik pengambilan sample menggunakan purposive sample. Untuk menghitung lembar validitas pengamatan maka dilakukan uji kesepakatan pengamat. Hasil belajar menggambar busana menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir tergolong dalam kategori tinggi atau > yaitu 85,5 > 83,9, sedangkan hasil belajar menggambar busana menggunakan strategi konvensional tergolong dalam kategori rendah atau < yaitu 61,28 < 61,5. Untuk menguji normalitas data digunakan uji chi-kuadrat dengan hasil perhitungan < atau 2,8 < 11,07 pada hasil belajar menggambar busana menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir dan hitung < tabel atau 3,6 < 11,070 pada hasil belajar menggambar busana menggunakan strategi konvensional, dengan demikian dapat diartikan kedua variabel berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas dilakukan dengan kesamaan dua varians maka diperoleh . Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kedua sampel yaitu hasil belajar menggambar busana menggunakan strategi peningkatan kemampuan berfikir dan strategi konvensional mempunyai varians yang sama (homogen).Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh bahwa sebesar 2,54 sedangkan 1,68 terlihat > yaitu (2,54 >1,68). Sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis,
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646.407 19 Nir p |
Keywords: | Hasil Belajar;Menggambar Busana;Anatomi Tubuh; Geraka tumbuh; strategi Pembelajaran; Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18946 |