Iskandar, Henry (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI UNIT KOPLING DAN KOMPONEN-KOMPONEN SISTEM PENGOPERASIAN KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MULTI KARYA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
208121037 Cover.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
208121037 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
208121037 Abstrak.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
208121037 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
208121037 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
208121037 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
208121037 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
208121037 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
208121037 Bab I.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
208121037 Bab V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
208121037 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Standar Kompetensi Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-komponen Sistem Pengoperasian Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Multi Karya Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yaitu dengan memberi perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok yang akan diteliti yakni kelas eksperimen XI TKR1 dan kelas eksperimen XI TKR 2.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Multi Karya Medan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan sebanyak 147 orang dari 5 kelas. Teknik penelitian ini diambil secara random yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 60 orang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan yang diajar dengan media pembelajaran video tutorial sebanyak 30 orang di kelas TKR1 dan kelompok perlakuan yang diajar dengan media pembelajaran benda sebenarnya sebanyak 30 orang di kelas TKR2. Data penelitian dikumpul dengan mempergunakan tes hasil belajar Hasil Belajar pada Standar Kompetensi Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-komponen Sistem Pengoperasian dan dianalisa dengan anava dua jalur pada taraf sigifikansi 5%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Media pembelajaran video tutorial dan media pembelajaran benda sebenarnya memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap perbedaan hasil belajar pada Standar Kompetensi Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-komponen Sistem Pengoperasian dimana Fhitung > Ftabel atau (102,17) > (4,01); dan pengaruh media pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar Fhitung > Ftabel atau (96,62) > (4,01); dan pengaruh media pembelajaran benda sebenarnya terhadap hasil belajar Fhitung > Ftabel atau (5,55) > (4,01); dan terdapat interaksi antara media pembelajaran video tutorial , media pembelajaran benda sebenarnya dengan minat belajar terdapat hasuil belajar Fhitung > Ftabel atau (41,87) > (4,01).Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut; hasil belajar standar kompetensi memperbaiki unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian lebih tinggi bila diajar dengan media pembelajaran video tutorial daripada diajar dengan media pembelajaran benda sebenarnya dan hasil belajar standar kompetensi memperbaiki unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian yang memilki minat belajar tinggi lebih tinggi jika diajar dengan media pembelajaran video tutorial daripada diajar dengan media pembelajaran benda sebenarnya dan bahwa ada interaksi antara media pembelajaran dan minat belajar dalam mempengaruhi hasil belajar standar kompetensi memperbaiki unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 629.046 071 Isk p |
Keywords: | Kerangka; Belajar; Sistem; Hasil; Komponen; Media; Benda; Pengoperasian; Interaksi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 09:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18802 |