Lumbantoruan, Halomoan (2013) PENGARUH PENGGUNAAN STRARTEGI PEMBELAJARANKONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI DASAR-DASAR ELEKTRONIKA SISWAKELAS X TITL SMK NEGERI 1 SIBORONGBORONG TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508131027 Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
508131027 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
508131027 Abstrak.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
508131027 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
508131027 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
508131027 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
508131027 Bab I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
508131027 Bab V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
508131027 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kompetensiMDDE dari siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori pada siswa kelas I program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK N 1 Siborongborong. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian teknik instalasi listrik SMK N 1 Siborongborong tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian iniadalah peserta didik kelas X program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK N 1 siborongborong yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 orang. Kedua kelas digunakan sebagai sampel karena jumlahnya yang kurang dari 100 orang, sehingga kelas X TITL diterapkan strategi perlakuan pembelajaran ekspositori sedangkan XTITL 2 diterapkan perlakuan strategi pembelajaran kontekstual, kelas terdiri dari TITL1 terdir dari 30 orang siswa dan kelas TITL2 terdiri dari 30 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitianeksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (�) sebesar 0,05. Pada pembelajaran kontekstual diperoleh Lhitung= 0,1295 dan Ltabel =0,161 , maka diperoleh Lhitung(0,1295) < Ltabel(0,161) pada kategori normal, dan pada pembelajaran ekspositori Lhitung = 0,1094 dan Ltabel = 0,161 maka diperoleh Lhitung(0,1094) < Ltabel(0,161) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas antarapembelajaran kontekstual dan ekspositori digunakan uji bar lett pada taraf kepercayaan (�) 0,05 diperoleh fhitung = 1,21 dan ftabel = 1,68, maka fhitung(1,21) < ftabel (1,68) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakanuji-t pada taraf kepercayaan � =0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh, thitung = 2,002 dan ttabel = 1,771 sehingga thitung > ttabel dan diambil kesimpulan bahwa hasil belajar MDDE siswa yang diajar dengan strategi Pembelajaran Kontekstual lebih tinggi dar i hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Ekspositori
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 Lum p |
Keywords: | Dasar-dasar elektronika; Strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18762 |