Sutomo, Sutrisno (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DANMOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI TEORI DASAR ELEKTRONIKA(MTDE) PADA SISWA TINGKAT I PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMKNEGERI 1 LUBUK PAKAM T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508131048 cover.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
508131048 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
508131048 Abstrak.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
508131048 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
508131048 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
508131048 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
508131048 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
508131048 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
508131048 Bab I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
508131048 Bab V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
508131048 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menguasai teori dasar elektronika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan yaitu analisis varians faktorial 2 x 2.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri I Lubuk Pakam pada semester satu tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 1 Program Keahlian Audio Video yang terbagi atas dua kelas. Secara acak kelas dibagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas 1 TAV 1 menjadi kelaseksperimen yang diajar dengan pembelajaran kontekstual dan kelas 1 TAV 2 menjadi kelas kontrol yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar menguasai teori dasar elektronika yang diajar dengan strategipembelajaran kontekstual dan memiliki motivasi belajar tinggi adalahberdistribusi normal dimana Ltabel = 0,23 > Lhitung = 0,094 dan data hasil belajarm menguasai teori dasar elektronika yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan memiliki motivasi belajar rendah adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,24 > Lhitung = 0,130 dan data hasil belajar menguasai teori dasarelektronika yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional dan memilikimotivasi belajar tinggi adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,24 > Lhitung = 0,128 dan data hasil belajar menguasai teori dasar elektronika yang diajar denganstrategi pembelajaran konvensional dan memiliki motivasi belajar rendah adalahdistribusi normal dimana Ltabel = 0,24 > Lhitung = 0,123 dan kedua varians dataadalah Homogen (  2 hitung = 5,846 <  2 tabel = 7,82). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran konvensional memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 5,02 > Ftabel = 4,030) (b) Tinggi rendahnya motivasi belajar memberi pengaruh yangberbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 26,266 > Ftabel = 4,03), (c) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar, dimana (Fhitung = 0,003 < Ftabel = 4,03)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 Sut p |
Keywords: | Hakikat hasil belajar MTDE; Pembelajaran Kontekstual; Strategi Inkuiri; Pembelajaran konvensional; Motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TH Building construction > TH7700 Illumination. Lighting T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Jan 2017 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18757 |