Harahap, Koharuddin (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGENAL GERBANG LOGIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS X SMK N 2 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508331023 Cover.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
508331023 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
508331023 Abstrak.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
508331023 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
508331023 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
508331023 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
508331023 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
508331023 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
508331023 Bab I.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
508331023 Bab V.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
508331023 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Apakah model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar mengenal gerbang logika siswa kelas X SMK N 2 Padangsidimpuan tahun ajaran 2012-2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 2 Padangsidimpuan pada tahun ajaran 2012-2013. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 36 orang di kelas X-1. Tindakan yang diberikan adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching sebanyak dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar sebanyak 20 butir yang memenuhi uji validitas (instrumen siklus I dan siklus II). Data diperoleh dengan melakukan tes hasil belajar terhadap siswa setelah melaksanakan tindakan. Tes yang dilakukan adalah sebanyak dua kali yaitu tes siklusi I dan tes siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar mengenal gerbang logika pada siswa kelas X SMK N 2 Padangsidimpuan tahun ajaran 2012-2013. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar pre tes adalah 46 dengan ketuntasan klasikal 16%, kemudian pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 67 dengan ketuntasan klasikal sebesar 36%. Karena Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I belum tuntas maka tindakan dilanjutkan ke siklus II dengan nilai rata-rata tes hasil belajar 84 dan ketuntasan klasikal sebesar 86%. Selain meningkatkan hasil belajar siswa, penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Temuan penelitian ini telah membuktikan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa, oleh karena itu perlu dilakukan pembinaan dan pelatihan bagi guru agar penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat diterapkan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.395 071 Har u |
Keywords: | Quantum Teaching; Logika; Model; Pembelajaran; Kompetensi; Sintak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Jan 2017 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18754 |