Sehana, Franciscus (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MEMBELAJARKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL KEPADA ANAK TUNAGRAHITA MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK PELATIHAN MODEL OPEN DESIGN DI SLB NEGERI SERDANG BEDAGAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136132062 Cover tesis.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM 8136132062 Persetujuan Dewan penguji gab..pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
3. NIM 8136132062 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 8136132062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM 8136132062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. NIM 8136132062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
7. NIM 8136132062 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
8. NIM 8136132062 BAB I.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
12. NIM 8136132062 BAB V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
13. NIM 8136132062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk membantu guru Seni Budaya dan Keterampilan meningkatkan kemampuan membelajarkan keterampilan vokasional kepada anak tunagrahita di SLB Negeri Serdang Bedagai. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah melalui supervisi akademik dengan teknik pelatihan model open design dapat meningkatkan kemampuan guru membelajarkan keterampilan vokasional kepada anak tunagrahita. Penelitian ini dilaksanakan di SLB Negeri Serdang Bedagai selama tiga bulan yaitu bulan April 2015 s.d awal Juni 2015. Subjek penelitian ini adalah guru Seni Budaya dan Keterampilan tingkat SMALB sebanyak 5 (lima) orang. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah: Kemampuan guru membelajarkan keterampilan vokasional membuat sabun cair pencuci piring kepada anak tunagrahita. Hasil analisis data membelajarkan keterampilan vokasional kepada anak tunagrahita pada pra siklus (pre-test) sebesar 58,66% (kurang) setelah dilakukan perlakuan pada siklus I sebesar 68,66% (cukup), dilanjutkan siklus II sebesar 74,66% (cukup) dan pada siklus III sebesar 91,33 (sangat baik). Ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan guru dalam membelajarkan keterampilan vokasional kepada anak tunagrahita. Implikasi penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan guru dalam membelajarkan keterampilan vokasional dapat ditingkatkan melalui supervisi akademik dengan teknik pelatihan model open design.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Seh u |
Keywords: | Kemampuan guru; Keterampilan vokasional; Anak tunagrahita; Supervisi akademik; Pelatihan model open design |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 02:14 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1868 |