SUGIANTO (2012) PENGARUH PENDEKATAN PENGAJARAN BERBALIK(RECIPROCAL TEACHING) TERHADAP HASIL BELAJARSISWA PADA MATA DIKLAT KONVERSI ENERGIKOMPETENSI TURBIN SISWA KELAS X SMKAL-WASLIYAH 4 MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 071255110056 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM 071255110056 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
NIM 071255110056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
NIM 071255110056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM 071255110056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
NIM 071255110056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
NIM 071255110056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
NIM 071255110056 BAB I_docx.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
NIM 071255110056 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM 071255110056 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan pendekatan pengajaran berbalik (reciprocal teaching) pada mata diklat konversi energi kompetensi turbin siswa kelas X SMK Al Wasliyah 4 medan T.A 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester genap yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 25 soal.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 37,78 dengan standar deviasi 6,65, dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 38,33 dengan standar deviasi 5,73. Pada pengujian normalitas diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1557 dan Ltabel = 0,1617, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1493 dan Ltabel = 0,1617, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,346 dan Ftabel = 1,858, sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua tabel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan pendekatan pengajaran terbalik (reciprocal teaching) dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 77,64 dengan standar deviasi 6,85 dan kelas kontrol 71,67 dengan standar deviasi 6,22. Hasil uji t diperoleh thitung = 3,51 dan ttabel = 1,671 sehingga thitung > ttabel (3,51 > 1,671) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh bahwa terdapat pengaruh Pendekatan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Konversi Energi Kompetensi Turbin Siswa Kelas X SMK Al Wasliyah 4 T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 620 Sug p |
Keywords: | Populasi ; Sampel; Penelitian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Dec 2016 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18649 |