TARIGAN, JHON REFLINO (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA TERAPAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN EKSPOSITORI DI SMK NEGERI I MERDEKA BERASTAGI T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 071255220010 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
NIM 071255220010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
NIM 071255220010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
NIM 071255220010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM 071255220010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM 071255220010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
NIM 071255220010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM 071255220010 BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
NIM 071255220010 BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
NIM 071255220010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan
hasil belajar Elektronika Terapan antara kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan
strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dibandingkan dengan siswa yang diajarkan
dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Elektronika Industri di
SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun pembelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 2 kelas.
Sampel penelitian diambil dengan teknik eksperimental, yang mana dalam pelaksanaannya
sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas 2 program keahlian Elektronika Industri di SMK Negeri 1
Merdeka Berastagi yang mengikuti kompetensi Elektronika Terapan yang terdiri dari 2 kelas.
Sampel pada penelitian ini diambil seluruh sampel atau secara total sampeling, yaitu kelas
eksperimen atau siswa kelas XI TE1 yang berjumlah 30 yang menerapkan pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw, serta kelas XI TE2 yang berjumlah 30 siswa yang menerapkan
pembelajaran ekspositori. Jadi subjek total yang akan diteliti adalah sebanyak 60 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata skor hasil belajar Elektronika Terapan
yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw adalah
21,90 dengan kecendrungan dengan tinggi rata-rata hasil belajar Elektronika Terapan siswa
yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Ekspositori adalah 20,17 dengan kecendrungan
cukup. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar
Elektronika Terapan siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi Kooperatif Tipe
Jigsaw adalah berdistribusi normal dimana LHitung 0,1295 < LTabel 0,161 dan data hasil belajar
Elektronika Terapan siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi Ekspositori adalah
berdistribusi normal dimana LHitung 0,1252 < LTabel 0,1477 dan kedua varians adalah homogen
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Elektronika Terapan kelompok
siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih
tinggi dari pada kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran
Ekspositori pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.3 Tar p |
Keywords: | Validitas; Penelitain; Personal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18591 |