Azmi, Fadhillah (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PBP) DALAM UPAYA MENINGKATKAN TINGKAT PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR MEMBUAT HALAMAN WEB DINAMIS TINGKAT LANJUT DI KELAS XI TKJ-2 SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 508 431 001 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
NIM 508 431 001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
NIM 508 431 001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
NIM 508 431 001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
NIM 508 431 001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
NIM 508 431 001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
NIM 508 431 001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM 508 431 001 BAB I.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
NIM 508 431 001 BAB V.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
NIM 508 431 001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam upaya meningkatkan tingkat pemahaman dan hasil belajar membuat web dinamis tingkat lanjut. Pembelajaran Berbasis Proyek menekankan kegiatan belajar yang berpusat pada siswa, serta terintegrasi pada praktik juga di kejadian dunia nyata. Dalam PBP, proyek dilakukan secara kolaboratif, inovatif, unik, berfokus pada pemecahan masalah, berhubungan antara siswa dengan masyarakat. PBP memiliki potensi besar agar membuat pengalaman belajar lebih menarik serta bermakna bagi siswa. Dalam PBP, siswa terdorong lebih aktif dalam pembelajaran sementara guru sebagai fasilitator, mengevaluasi produk hasil kinerja siswa yaitu meliputi outcome, ditampilkannya hasil proyek telah dikerjakan.Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI TKJ-2 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI yang terdiri dari atas satu kelas dengan sampel penelitian berjumlah 13 orang.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik analisa data yang digunakan adalah model alur. Penelitian dilakukan dengan data siklus. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Siklus I diperoleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 orang dengan peresentase 69,23% dan rata-ratanya 71.92. Hasil observasi aktivitas guru diperoleh skor 2.9 dari skor maksimal 5. Hasil observasi aktivitas siswa diperoleh persentase skor 47.97%. Pada siklus II diperoleh jumlah siswa yang tuntas adalah 13 orang dengan persentase 100% dan rata-rata 81.15. Hasil observasi aktivitas guru diperoleh 4.3 dari skor maksimal 5. Hasil observasi aktivitas siswa diperoleh skor 65.58%.Dengan demikian dapat dilihat adanya peningkatan pemahaman dan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Menurut syarat dari penelitian tindakan kelas, jika persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal ≥ 80% telah mendapatkan nilai ≥ 70.00, maka penelitian tersebut dinyatakn berhasil. Begitu juga dengan aktivitas guru dan siswa terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar membuat web dinamis tingkat lanjut di Kelas XI TKJ-2 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.3 Azm p |
Keywords: | Karakteristik Siswa;Penelitian;Indikator |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18586 |