Sitohang, Inri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DUA TINGGAL DUA TAMU TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI PADA SURAT KABAR KELAS IX SMP PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2113311031 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 2113311031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
3. NIM. 2113311031 ABSTARACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 2113311031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 2113311031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
6. NIM. 2113311031 TABLES.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7. NIM. 2113311031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 2113311031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
12. NIM. 2113311031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. NIM. 2113311031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Dua Tinggal Dua Tamu Terhadap Kemampuan Membedakan Fakta dan Opini Pada Surat Kabar Kelas IX SMP Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Parulain 2 Mrdan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 168 siswa. Sampel diambil secara purposive Sampling, yaitu kelas eksperimen 40 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrument atau alat pengumpulan data yang digunakan adalah test pilihan berganda.
Data yang diperoleh dari penelitian, yakni nilai rata-rata pre-test = 64,25, dan standar deviasi = 12,18 dan dikategori cukup. Post-test nilai rata-rata = 81 dan standar deviasi 8.3 dan dikategorikan Baik. Berdasarkan uji normalitas pre-test dan post-test dinyatakan berdistirbusi normal dengan data uji normalitas pre-test Lhitung < Ltabel yaitu 0,126 < 0,14, dan data post-test Lhitung < Ltabel yaitu 0,139< 0,14,maka dapat dinyatakan bahwa data post-test adalah normal. Sedangkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen dengan data Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan α = 0,05, yaitu 1,46 < 1,74. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 7.210 selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan dk = (n1+n2-2) = 78,dari dk 78 diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% = 1.993, dengan demikian Lhitung >Ltabel , yakni 7.210 > 1.993 dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Dua Tinggal Dua Tamu berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membedakan fakta dan opini pada surat kabar siswa kelas IX SMP Parulian Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 003 |
Keywords: | Model Kooperatif; Dua Tinggal Dua Tamu; Kemampuan Membedakan fakta dan opini. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 04:41 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1844 |