Afriadi, Novi (2016) PENGARUH METODE 3M (MENIRU, MENGOLAH, MENGEMBANGKAN) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PANCURBATU TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2113111056 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 2113111056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
3. NIM. 2113111056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 2113111056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 2113111056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 2113111056 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2113111056 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 2113111056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
12. NIM. 2113111056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. NIM. 2113111056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Metode 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) Terhadap Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 245 populasi dengan sampel 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes esai. teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t.
Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 57,8 standar deviasi 7,38 dan termasuk pada kategori cukup dan kategori kurang yakni kategori cukup sebanyak 16 siswa (53,33%) dan kategori kurang 14 siswa (46,67%). Hasil post-test dengan rata-rata = 72,67 standar deviasi 6,79 dengan kategori sangat baik 2 siswa (6,67%), kategori baik 15 siswa (50%), dan kategori cukup (43,33%). Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan pos-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bawa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahuilah to sebesar 8, selanjutnya to tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df=N-1, yakni 30-1= 29. Dari df 30 diperoleh taraf signifikan 5%= 2,04, karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 8 > 2,04 maka hipotesis diterima.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 008 |
Keywords: | Menulis; Puisi; Metode 3M (Meniru-Mengolah-Mengembangkan), pengaruh, kemampuan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 03:36 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1839 |