Manalu, Andriono (2015) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.A 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126176001 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM. 8126176001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
3. NIM. 8126176001 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM. 8126176001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5. NIM. 8126176001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 8126176001 TABLES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 8126176001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. NIM. 8126176001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 8126176001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
13. NIM. 8126176001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM. 8126176001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa, dan keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan “The posttest only control group design”. Populasi penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar tahun pelajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas X-3 sebagai kelas eksperimen diterapkan model Problem Based Learning dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk uraian sebanyak 4 soal dan insrumen tes keterampilan proses sains dalam bentuk uraian sebanyak 9 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning lebih baik dari pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning lebih baik dari pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 500.071 2 Man e |
Keywords: | Problem based learning; Pembelajaran konvensional; Pemecahan masalah; Proses sains; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 03:40 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1813 |