EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.A 2014/2015

Manalu, Andriono (2015) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.A 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8126176001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8126176001 COVER.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8126176001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8126176001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8126176001 ABSTRACT .pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8126176001 ABSTRACT .pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8126176001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8126176001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8126176001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8126176001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8126176001 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8126176001 TABLES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8126176001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8126176001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8126176001 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8126176001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8126176001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8126176001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8126176001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8126176001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8126176001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8126176001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa, dan keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan “The posttest only control group design”. Populasi penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar tahun pelajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas X-3 sebagai kelas eksperimen diterapkan model Problem Based Learning dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk uraian sebanyak 4 soal dan insrumen tes keterampilan proses sains dalam bentuk uraian sebanyak 9 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning lebih baik dari pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning lebih baik dari pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 500.071 2 Man e
Keywords: Problem based learning; Pembelajaran konvensional; Pemecahan masalah; Proses sains; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Apr 2016 03:40
Last Modified: 19 Apr 2016 03:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1813

Actions (login required)

View Item
View Item