Simanjuntak, Radius P. (2014) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DESA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN UMUM DIDESA TAPIAN NAULI III KECAMATAN TAPIAN NAULI KABUPATEN TAPANULI TENGAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 309111055-COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM. 309111055-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
NIM. 309111055-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
NIM. 309111055-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
NIM. 309111055-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
NIM. 309111055-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
NIM. 309111055-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM. 309111055-BAB I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
NIM. 309111055-BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
NIM. 309111055-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Kinerja Para Aparatur Desa Dalam Memberikan Pelayanan Umum di Desa Tapian Nauli III Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif kualitatif yaitu cara atau metode yang menggambarkan keadaan atau objek penelitian dilapangan yang digunakan untuk memecahkan dan menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan penyebaran angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berada di desa Tapian Nauli III Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah yang berjumlah 284 kepala keluarga (KK). Melihat dari jumlah populasi yang lebih dari 100 orang, maka penulis mengambil sampel dari penelitian ini dengan cara random sampling (acak sederhana) adalah sebanyak 20% dari jumlah populasi sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 56 kepala keluarga (KK). Berdasarkan hasil data penelitian dan dilanjutkan dengan menganalisis data diperoleh kesimpulan yaitu persepsi masyarakat terhadap kinerja aparatur pemerintah desa dalam memberikan pelayanan umum didesa Tapian Nauli III Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah sudah cukup baik. Hal ini terbukti dari tanggapan responden yang menyatakan bahwa aparatur pemerintah desa dalam memberikan pelayanan umum sudah cukup baik, jelas, disiplin, transparan, dan tanggap akan segala keluhan-keluhan dari masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 320.8 Sim p |
Keywords: | Persepsi; Masyarakat; Desa; Pemerintah Desa; Pelayanan Umum |
Subjects: | J Political Science > JS Local government. Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18111 |