Sirait, Jeliana Veronika (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS SCIENTIFIC INQUIRY PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136176018 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM. 8136176018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM. 8136176018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 8136176018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM. 8136176018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 8136176018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
7. NIM. 8136176018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 8136176018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 8136176018 BAB I.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
13. NIM. 8136176018 BAB V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
14. NIM. 8136176018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah bahan ajar berbasis scientific inquiry yang dikembangkan dapat meningkatkan respon siswa, aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg & Gall. Sampel penelitian ini dipilih secara acak dengan mengundi 4 kelas yang ada untuk mendapatkan satu kelas yang akan dibelajarkan menggunakan bahan ajar berbasis scientific inquiry. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ada tiga yaitu angket yang digunakan untuk validasi bahan ajar oleh tim ahli materi dan desain, penilaian guru fisika dan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis scientific inquiry, dan lembar observasi aktivitas siswa yang digunakan pada setiap proses pembelajaran serta tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda terdiri dari 10 pertanyaan yang diberikan pada setiap akhir pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis scientific inquiry yang dikembangkan dapat meningkatkan respon siswa, aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.420 712 Sir p |
Keywords: | Bahan ajar; Teori pembelajaran; Aktivitas belajar; Hasil belajar; Scientific inquiry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 03:05 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1799 |