Nasution, Lia Afriyanti (2015) EFEK PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII SMP AMIR HAMZAH MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136175009 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 8136175009 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. NIM 8136175009 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM 8136175009 KATA PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM 8136175009 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM 8136175009 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7. NIM 8136175009 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. NIM 8136175009 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
9. NIM 8136175009 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM 8136175009 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM 8136175009 BIBLIOGRAPHY pdf.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Perbedaan keterampilan proses sains siswa SMP Amir Hamzah Medan menggunakan model inquiry trainning dan pembelajaran konvensional , Perbedaan keterampilan proses sains siswa SMP Amir Hamzah Medan yang mempunyai kreativitas tinggi dan kreativitas rendah , dan Adanya interaksi antara model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran konvensional dengan kreativitas siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP Amir Hamzah Medan. Sampel penelitian dipilih secara acak dengan mengundi 3 kelas yang ada untuk mendapat 2 kelas sebagai sampel penelitian kelas pertama akan diajar dengan model pembelajaran inquiry training, kelas kedua akan diajar dengan konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 buah, yaitu pertama tes keterampilan proses sains dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen yang kedua adalah tes kreativitas yang disusun sebanyak 10 pertanyaan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa antara model pembelajaran Inquiry Training dan Konvensional dengan rata-rata lebih tinggi pada kelompok Inquiry Training dibandingkan Konvensional. Untuk hipotesis kedua diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil keterampilan proses sains siswa yang memiliki tingkat kreativitas tinggi dan tingkat kreativitas rendah. Hasil postes keterampilan proses sains siswa yang memiliki tingkat kreativitas tinggi lebih baik daripada postes keterampilan proses sains yang memiliki tingkat kreativitas rendah.Hasil perhitungan hipotesis ketiga terdapat interaksi antara kreativitas dengan model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 500.71 Nas e |
Keywords: | Model pembelajaran; Teori belajar; Kreativitas siswa; Pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 02:38 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1794 |