Ginting, Ivana Laouisa (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PAAD MATA PELAJARAN PKN DI KELAS X SMA NEGERI 1 KUTALIMBARU TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
308311037 Cover.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
308311037 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
308311037 Abstrak.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
308311037 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
308311037 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
308311037 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
308311037 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
308311037 Bab I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
308311037 Bab V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
308311037 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas X di SMA Negeri 1 Kutalimbaru. Dengan jumlah populasi adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari tiga kelas berjumlah 122 siswa, dimana jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 35% dari jumlah populasi yang diambil khususnya dari kelas X-a, maka sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa. Ini yang disebut sebagai responden. Alasan penulis mengambil sampel kelas X-a pada tahun ajaran 2011/2012, tetapi sekarang mereka sudah naik kelas XI pada tahun ajaran 2012/2013 karena diperlukan nilai DKN dari siswa/siswi tersebut. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan angket, observasi dan lembar tes. Dari hasil yang diperoleh dengan menggunakan teknik analisis data yang menerapkan rumus korelasi product moment. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat dilihat dari perhitungan diperoleh koefisien r = 0,988 maka besarnya rxy terdapat hubungan yang sangat kuat antara varibel x dan variabel y. harga itu di uji keberartiannya dengan perhitungan uji “t”, maka diperoleh thitung = 39,42 dengan harga ttabel = 2,021 maka thitung > ttabel untuk taraf signifikan 5 % pada derajat kebebasan (dk) = 38 dengan hipotesis Ha dapat diterima dan Ho ditolak. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn di kelas X SMA Negeri 1 Kutalimbaru terdapat pengaruh yang sangat kuat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 180.071 Gin p |
Keywords: | Pembelajaran Kontekstual; Strategi Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Kooperatif Tipe STAD |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 24 Apr 2018 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17615 |