Siagian, Helena Evadonna (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136175008 Cover.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 8136175008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
3. NIM. 8136175008 Abstrak.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. NIM. 8136175008 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
5. NIM. 8136175008 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
6. NIM. 8136175008 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM. 8136175008 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM. 8136175008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
9. NIM. 8136175008 BAB I.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
13. NIM. 8136175008 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 8136175008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training menggunakan macromedia flash lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, menganalisis keterampilan proses sains siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, serta menganalisis interaksi antara model pembelajaran inquiry training menggunakan macromedia flash dan tingkat kemampuan berpikir kreatif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sibolga tahun ajaran 2014/2015. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random class. Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training menggunakan macromedia flash dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains dan tes kemampuan berpikir kreatif. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Anava dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiry training menggunakan macromedia flash lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa, keterampilan proses sains pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih baik dari pada kelompok siswa dengan kemampuan berpikir kreatif rendah, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training menggunakan macromedia flash dengan kemampuan berpikir kreatif dalam mempengaruhi keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 500.071 2 Sia e |
Keywords: | Inquiry training; Berpikir kreatif; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 08:52 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1759 |