EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN KETERAMPILAN BERPIKIR FORMAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA

Yanti, Noveri (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN KETERAMPILAN BERPIKIR FORMAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136176027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136176027 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136176027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136176027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136176027 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136176027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136176027 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136176027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136176027 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136176027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136176027 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136176027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136176027 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136176027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8136176027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8136176027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136176027 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136176027 BAB I.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136176027 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136176027 BAB V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136176027 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136176027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional; (2) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang memiliki keterampilan berpikir formal tinggi, lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki keterampilan berpikir formal yang lebih rendah dan; (3) untuk mengetahui interaksi model pembelajaran scientific inquiry dan keterampilan berpikir formal dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, X-1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran scientific inquiry dan X-2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir formal dan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda masing-masing sebanyak 15 soal yang dinyatakan valid dan reliable. Teknik analisis data menggunakan Uji Independent T-Test dan uji hipotesis Anava dua jalur dengan SPSS 17 for windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional; (2) Hasil belajar siswa yang memiliki keterampilan berpikir formal tinggi lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa dengan keterampilan berpikir formal rendah dan; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran scientific inquiry dan keterampilan berpikir formal terhadap hasil belajar fisika siswa dimana model ini lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki keterampilan berpikir formal tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Yan e
Keywords: Scientific inquiry; Berpikir formal; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Apr 2016 08:21
Last Modified: 15 Apr 2016 08:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1754

Actions (login required)

View Item
View Item