Yanti, Noveri (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN KETERAMPILAN BERPIKIR FORMAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136176027 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8136176027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
3. NIM. 8136176027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 8136176027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM. 8136176027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM. 8136176027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 8136176027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 8136176027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8136176027 BAB I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
13. NIM. 8136176027 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 8136176027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional; (2) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang memiliki keterampilan berpikir formal tinggi, lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki keterampilan berpikir formal yang lebih rendah dan; (3) untuk mengetahui interaksi model pembelajaran scientific inquiry dan keterampilan berpikir formal dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, X-1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran scientific inquiry dan X-2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir formal dan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda masing-masing sebanyak 15 soal yang dinyatakan valid dan reliable. Teknik analisis data menggunakan Uji Independent T-Test dan uji hipotesis Anava dua jalur dengan SPSS 17 for windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional; (2) Hasil belajar siswa yang memiliki keterampilan berpikir formal tinggi lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa dengan keterampilan berpikir formal rendah dan; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran scientific inquiry dan keterampilan berpikir formal terhadap hasil belajar fisika siswa dimana model ini lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki keterampilan berpikir formal tinggi.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 530.071 2 Yan e |
| Keywords: | Scientific inquiry; Berpikir formal; Hasil belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 15 Apr 2016 08:21 |
| Last Modified: | 15 Apr 2016 08:21 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1754 |
