Yanti, Noveri (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN KETERAMPILAN BERPIKIR FORMAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136176027 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8136176027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
3. NIM. 8136176027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 8136176027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM. 8136176027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM. 8136176027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 8136176027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 8136176027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8136176027 BAB I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
13. NIM. 8136176027 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 8136176027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional; (2) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang memiliki keterampilan berpikir formal tinggi, lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki keterampilan berpikir formal yang lebih rendah dan; (3) untuk mengetahui interaksi model pembelajaran scientific inquiry dan keterampilan berpikir formal dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, X-1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran scientific inquiry dan X-2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir formal dan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda masing-masing sebanyak 15 soal yang dinyatakan valid dan reliable. Teknik analisis data menggunakan Uji Independent T-Test dan uji hipotesis Anava dua jalur dengan SPSS 17 for windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional; (2) Hasil belajar siswa yang memiliki keterampilan berpikir formal tinggi lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa dengan keterampilan berpikir formal rendah dan; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran scientific inquiry dan keterampilan berpikir formal terhadap hasil belajar fisika siswa dimana model ini lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki keterampilan berpikir formal tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Yan e |
Keywords: | Scientific inquiry; Berpikir formal; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 08:21 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1754 |