Purwanti, Diah (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KD HAKIKAT DEMOKRASI DALAM MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SMP PAB 2 HELVETIA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308311017 Cover.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2. NIM. 308311017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
3. NIM. 308311017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. NIM. 308311017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5. NIM. 308311017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
6. NIM. 308311017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM. 308311017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. NIM. 308311017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. NIM. 308311017 Bab I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
10. NIM. 308311017 Bab V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
11. NIM. 308311017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada KD Hakikat Demokrasi Dalam Mata Pelajaran PKn Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012”. Dimana yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia yang berjumlah 168 orang yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini yang diambil adalah 1 kelas, yaitu : Kelas VIII-2 yang terdiri dari 40 orang siswa. Adapun alat pengumpul data dalam penelitian ini yaitu dilakukan observasi atau pengamatan langsung, melaksanakan tes, penyebaran angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan perhitungan koefisien korelasi persamaan regresi dan untuk data hasil belajar PKn siswa di peroleh dari guru PKn yakni dari Daftar Kumpulan Nilai (DKN) siswa. Jenis Penelitian ini adalah jenis penelitian regresi korelasi dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif pada uji linearitas, uji keberartian koefisien korelasi dengan harga thitung = 6.58 dan ttabel = 2.024, indeks korelasi rhitung = 0.636 > rtabel = 0.312 pada taraf signifikan 5 % dk= 38. Nilai korelasi ditentukan dengan melihat hasil penelitian dari data Pengaruh Model Pembelajaran Scramble yang dapat diketahui dengan nilai, ΣX=3155, ΣX2=251623, (ΣX)2= 9954025, ΣY= 3404, ΣY2 = 291214, (ΣY)2= 11587216, ΣXY= 269802, N= 40. Hal ini digolongkan ke dalam kategori tingkat hasil belajar yang cukup baik, sementara Pengaruh model pembelajaran Scramble pada siswa masih rendah dengan skala 0 – 120, sehingga model pembelajaran Scramble memiliki Pengaruh atau korelasi yang cukup kuat dengan hasil belajar PKn siswa, dengan nilai kontribusi sebesar 41 %. Berdasarkan hasil pengujian penelitian diketahui bahwa, dengan diterimanya hipotesis penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa apabila model pembelajaran Scramble baik dan efektif maka hasil belajar PKn siswa akan baik dan terus meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 180.071 Dia p |
Keywords: | Hakikat Belajar; Tipe Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17481 |