PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP MELALUI PENERAPAN METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 15 MEDAN

Tampubolon, Rena Agustini (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP MELALUI PENERAPAN METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 15 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 308331064 Cover.pdf]
Preview
Text
308331064 Cover.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 308331064 Lembar Pengolahan.pdf]
Preview
Text
308331064 Lembar Pengolahan.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 308331064 Abstrak.pdf]
Preview
Text
308331064 Abstrak.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 308331064 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
308331064 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 308331064 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
308331064 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 308331064 Bab I.pdf]
Preview
Text
308331064 Bab I.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 308331064 Bab VI.pdf]
Preview
Text
308331064 Bab VI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 308331064 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
308331064 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan Aktivitas belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 15 Medan dengan menggunakan Metode Student-Created Case Studies, (2) Peningkatan Hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 15 Medan dengan menggunakan Metode Student-Created Case Studies. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus di SMA Negeri 15 Medan dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 4 yang berjumlah 42 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi langsung dengan menggunakan lembar observasi dan komunikasi tak langsung melalui tes tertulis seperti postest, dan Lembar Kerja Siswa (LKS), dan data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) aktivitas belajar siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup meningkat dari siklus I berkategori Cukup (75,6%) menjadi berkategori baik (87,90%) pada siklus II. Peningkatan itu dari siklus I ke siklus II sebesar 12,3% (2) hasil belajar siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup meningkat dari siklus I belum tuntas (76,19%) menjadi tuntas (90,48%) pada siklus II. Peningkatan itu dari siklus I ke siklus II sebesar 14,29%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 910.157 7 Tam p
Keywords: Geografi; Pembelajaran aktif; Student created case studies
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 21 Dec 2016 05:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17306

Actions (login required)

View Item
View Item