Gurusinga, Rini Fitriyani (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI IPS 2SMA NEGERI 17 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
3113131057 Cover.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
3113131057 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
3113131057 Abstrak.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
3113131057 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3113131057 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
3113131057 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
3113131057 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
3113131057 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
3113131057 BAB I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
3113131057 BAB VI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
3113131057 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology and Society) pada materi lingkungan hidup di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 17 Medan T.A 2015/2016. (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology and Society) pada materi lingkungan hidup di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 17 Medan T.A 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 17 Medan dengan subjek penelitian yaitu siswa SMA Kelas XI IPS 2 yang berjumlah 41 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tes Hasil Belajar berbentuk Pilihan Berganda. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis sebesar 11,12% dari siklus I 61,29% menjadi 72,41% pada siklus II. (2) hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 26,83 dari siklus I 58,54% menjadi 85,37% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 064 |
Keywords: | Model Pembelajaran; SETS: Kemampuan Berfikir |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 02:15 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17124 |