Ginting, Fajrul Wahdi (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MEDIA PHET TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 40 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136175005 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 8136175005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. NIM. 8136175005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. NIM. 8136175005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. NIM. 8136175005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 8136175005 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 8136175005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 8136175005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 8136175005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
13. NIM. 8136175005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 8136175005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir logis siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry training menggunakan media PhET (2) keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir logis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; dan (3) perbedaan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir logis siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media PhET dan model pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-E dan kelas VIII-B, dimana kelas VIII-E diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media PhET dan kelas VIII-B dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains berupa tes essay dan tes kemampuan berpikir logis berupa tes pilihan berganda. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains fisika yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media PhET berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan kemampuan berpikir logis siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media PhET berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, serta terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir logis dan keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media PhET dan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 500.071 Gin e |
Keywords: | Inquiry Training; Media PhET; Keterampilan Proses Sains; Kemampuan Berpikir Logis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Apr 2016 04:25 |
Last Modified: | 14 Apr 2016 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1708 |