Hrp, Pahruddin (2014) PENGARUH MODIFIKASI LATIHAN KARET GELANG TERHADAP KEKUATAN JARI TANGAN KIRI DALAM MENEKAN AKORD MELALUI EKSTRAKURIKULER GITAR PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI R. PRAPAT KAB. LABUHAN BATU T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209342026_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
209342026_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
209342026_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
209342026_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
209342026_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
209342026_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
209342026_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
209342026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
209342026_BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
209342026_BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
209342026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi latihan karet gelang dan konvensional terhadap kekuatan jari tangan kiri dalam menekan akord melalui ekstrakurikuler gitar di kelas VIII Mts Negeri R. Prapat Kab. Labuhan Batu T.P 2013/2014Jenis penelitian ini adalah quasi Eksperimen dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan pretes dan postes. Populasi penelitian in adalah semua siswa yang mengikuti kagiatan ekstrakurikuler gitar di Mts Negeri R. Prapat Kab. Labuhan Batu. Sampel penelitian ini ada dua kelas yang merupakan sampel total yaitu kelas eksperimen berjumlah 36 orang yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional dan kelas kontrol berjumlah 32 orang yang diajar dengan pembelajaran konvensional.Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar gitar pada menekan akord dan pada materi gitar sebanyak 30 soal, sesudah divalidkan kepada satu orang dosen menjadi sebanyak 20 soal, dan test penilaian proses belajar gitar.Hasil Penelitian menunjukkan kelas kontrol rata – rata nilai pretes sebesar 41,7188 dan postes sebesar 65,6250 sedangkan kelas eksperimen diperoleh nilai rata – rata pretes sebesar 42,9167 dan postes 70,6944. Selain hasil belajar, peneliti juga mengamati belajar siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Untuk melakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas tes. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dilakukan uji hipotesis untuk data pretes dan postes. Untuk data pretes < ttabel(1,998) dengan taraf signifikansi =0,05 sehingga Ho diterima yang berarti kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama sedangkan untuk data postes diperoleh > ttabel (1,998) dengan taraf signifikansi =0,05 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh modifikasi latihan karet gelang strategi lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kekuatan jari tangan kiri dalam menekan akord melalui ekstrakurikuler gitar di kelas VIII Mts Negeri R. Prapat Kab. Labuhan Batu T.P 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 787.607 1 Har p |
Keywords: | Hasil Belajar; Ekstrakurikuler; Akord; Gitar; Latihan; Melatih Kekuatan Jari Tangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 09:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17066 |