Simorangkir, Ebenezer (2015) ANALISIS PENANDA DAN PETANDA IKLAN ROKOK PADA PAPAN REKLAME DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113210011.COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2113210011.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
2113210011.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
2113210011.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2113210011.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2113210011.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2113210011.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
2113210011.BAB I.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
2113210011.BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2113210011.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2113210011.RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi penanda (signifier) dan petanda (signified) iklan rokok pada papan reklame. Serta memaknai makna denotasi dan konotasi didalamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis semiotic dengan berlandaskan pada teori Roland Barthers, yaitu pemaknaan penanda, petanda, denotasi dan konotasi. Hasil penelitian menjelaskan mengenai penanda dan petanda yang terdapat pada iklan rokok Dunhill Mild, Djarum Super MLD, Magnum Blue, dan A Menthol. Dari setiap iklan memiliki makna denotasi dan konotasi yang berbeda. Misalnya, Dunhill Mild edisi Discover Fine Taste memiliki makna konotasi simpel dan minimalis, iklan Djarum Super MLD edisi Pleasure, Style, Confidence memiliki makna konotasi rokok yang sedang trend atau rokok yang sedang digandrungi oleh masyarakat karena menawarkan sesuatu dan cita rasa yang baru, iklan rokok Magnum Blue edisi Style tanpa Batas memiliki makna konotasi gaya yang bebas dan tanpa batas, dan yang terakhir iklan rokok A Menthol edisi Ada Ingin Dalam Dingin Go A Head memiliki makna konotasi pikiran yang tenang disetiap keinginan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 157 |
Keywords: | Semiotik; Penanda; Petanda; Denotasi;Konotasi |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16761 |