Simamora, Cut Medi Yanti (2014) Penggunaan Bahasa Propaganda dalam Wacana Iklan Politik Pemilihan Caleg 2014 (Kajian Semiotik). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2101210001 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 2101210001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
3. NIM. 2101210001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 2101210001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM. 2101210001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 2101210001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 2101210001 BAB I SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
11. NIM. 2101210001 BAB V SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
12. NIM. 2101210001 DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data dalam bentuk verbal berupa kata-kata, kalimat, paragraf dalam bahasa, unsur propaganda, dan makna pesan yang terkandung dalam wacana iklan politik yang digunakan para caleg dalam kampanye melalui baliho dan spanduk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan pengkodean data. Teknik pengkodean data dilakukan untuk mempermudah penganalisisan data. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu data dibaca, dipahami serta diinterpretasikan, kemudian data dicatat pada instrument penelitian, setelah itu data dianalis dengan teori segitiga makna dalam semiotic triangle Ogden dan Richard, dan untuk hasil terakhir dilakukan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan data iklan politik dalam bentuk tanda verbal sebanyak 24 buah data dan unsur propaganda dalam wacana iklan yang dipaparkan pada tabel deskripsi data. Iklan politik yang dianalisis terdiri dari lima partai dan sepuluh caleg, sehingga makna pesan yang ditemukan dalam wacana iklan tersebut sangat bervariasi, tergantung kebijakan ide atau gagasan caleg maupun partai politiknya untuk menarik simpati masyarakat. Penggunaan bahasa propaganda dalam wacana iklan politik tersebut sangat sederhana, mudah dipahami, dan sangat menarik sehingga dapat mempersuasi masyakat untuk menggalang dukungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 401.9 Sim p |
Keywords: | Propaganda; Wacana; Iklan; Semiotik |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5801 Advertising P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Pranandiah Popi Pitaloka |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16727 |