Hardiansyah, Sabtian (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DESAIN KERAMIK SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI DI KELAS VII SMP N 1 TANJUNG TIRAM T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
081222610024_COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
081222610024_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (839kB) | Preview
081222610024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
081222610024_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
081222610024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
081222610024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
081222610024_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
081222610024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
081222610024_BAB I.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
081222610024_BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
081222610024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMP N 1 Tanjung Tiram. Dari hasil wawancara dengan guru Seni Rupa ditemukan bahwa para siswa belum pernah diajarkan menggambar desain keramik dengan menggunakan metode Inkuiri, belum pernah mendapatkan pengalaman belajar dari lingkungan mereka sendiri dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Seni Rupa dan Keterampilan masih kurang.Tujuan penelitian ini adalah dengan strategi inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar menggambar desain keramik siswa kelas VII SMP N 1 Tanjung Tiram. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Tanjung Tiram yang berjumlah 30 siswa. Setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan/Observasi, dan Refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Penilaian Siswa, Tes Unjuk Kerja, Wawancara, Catatan Lapangan dan dokumentasi.Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil belajar pada tiap siklus terjadi peningkatan, yaitu nilai rata-rata kelas Siklus I mencapai 68,3 dengan siswa yang tuntas belajar 10 siswa atau 33,33%. Siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 84,08, siswa yang mengalami tuntas belajar sebanyak 26 siswa atau 86,67%. Aspek ketepatan bentuk pada siklus I 58% yang tuntas, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83% yang tuntas. Aspek kesatuan pada siklus I 47% yang tuntas, pada silkus II mengalami peningkatan menjadi 82% yang tuntas. Proporsi pada siklus I 49% yang tuntas, pada silkus II mengalami peningkatan menjadi 82% yang tuntas. Aspek keselarasan pada siklus I 38% yang tuntas, pada silkus II mengalami peningkatan menjadi 67% tuntas.Berdasarkan keterangan dan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya metode pembelajaran inkuiri dalam menggambar desain keramik akan dapat meningkatkan hasil belajar dalam menggambar desain keramik siswa di SMP N 1 Tanjung Tiram jelas terbukti, dengan demikian metode inkuiri dapat diterima keberlakuannya dalam menggambar desain keramik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 738.107 1 Har u |
Keywords: | Hasil Belajar; Desain Keramik; Metode Inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) N Fine Arts > NK Decorative arts N Fine Arts > NK Decorative arts > NK3700 Ceramics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16611 |