Situmorang, Erwin Anto (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGGAMBAR BENTUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DI KELAS VII-D SMP NEGERI 1 LIMA PULUH TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 209151007 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2. NIM 209151007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (828kB) | Preview
3. NIM 209151007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM 209151007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM 209151007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
6. NIM 209151007 TABLES.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
7. NIM 209151007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM 209151007 GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. NIM 209151007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
10. NIM 209151007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
11. NIM 209151007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
12. NIM 209151007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Menggambar bentuk merupakan salah satu sub pokok bahasan pada mata pelajaran Seni Budaya di kelas VII SMP Negeri 1 Lima Puluh Kabupaten Batubara. Berdasarkan hasil observasi, penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam meningkatkan kemampuan siswa yang semakin melemah. Tujuan peneliatian ini adalah ingin membuktikan kemampuan seni budaya siswa dalam menggambar bentuk dengan menerapkan metode pembelajaran Tutor Sebaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat perbaikan yang dilakukan dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi/Pengamatan, dan Refleksi. Adapaun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Lima Puluh berjumlah 30 siswa dengan komposisi 16 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Hasil penelitian yang diperoleh dari observasi pada setiap siklus terdapat peningkatan, yaitu nilai rata-rata kelas Siklus Pertama mencapai 73,3 dengan siswa yang tuntas berjumlah 16 siswa (53%). Pada Siklus kedua nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,3 dengan peningkatan 8% dan siswa yang tuntas mencapai 27 siswa (90%).Berdasarkan keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan kemampuan menggambar bentuk siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Lima Puluh Kabupaten Batubara Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 743.071 2 Sit m |
Keywords: | Menggambar Fundamental; Melihat Langsung; Siswa Mengajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16607 |