ANALISIS GAMBAR BENTUK KARYA SISWA KELAS VIII UNGGULAN SMP NEGERI 5 KECAMATAN LIMA PULUH TAHUN AJARAN 2013/2014

Khantona, Heri (2014) ANALISIS GAMBAR BENTUK KARYA SISWA KELAS VIII UNGGULAN SMP NEGERI 5 KECAMATAN LIMA PULUH TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 209151011 COVER.pdf]
Preview
Text
209151011 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 209151011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
209151011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview
[thumbnail of 209151011 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
209151011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 209151011 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
209151011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 209151011 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
209151011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 209151011 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
209151011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 209151011 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
209151011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 209151011 DAFTAR BAGAN.pdf]
Preview
Text
209151011 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 209151011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
209151011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 209151011 BAB I.pdf]
Preview
Text
209151011 BAB I.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 209151011 BAB V.pdf]
Preview
Text
209151011 BAB V.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 209151011 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
209151011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Unggulan SMP N 5 Lima Puluh dan objek penelitian adalah karya gambar bentuk siswa berjumlah 30 karya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menggambarkan, menguraikan dan menganalisis bagaimana kualitas karya siswa dalam menggambar bentuk, dan dimana letak kelemahan siswa ditinjau dari prinsip-prinsip seni rupa. Hasil penelitian menjelaskan bahwa nilai rata-rata karya secara keseluruhan yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM=70) berjumlah 2 karya dengan persentase 6,7% dan nilai rata-rata karya dengan nilai dibawah KKM berjumlah 28 karya dengan persentase 93,3%. Nilai rata-rata tertinggi yang diperoleh siswa adalah 71 dan nilai rata rata terendah yang diperoleh siswa adalah 51. Karya gambar bentuk dinilai berdasarkan prinsip-prinsip seni rupa dengan 5 kriteria (ketepatan bentuk, proporsi, komposisi, gelap terang dan teknik). aspek penilaian dengan nilai rata-rata tertinggi adalah gelap terang dengan rata-rata nilai 62,9 dan aspek penilaian dengan nilai rata-rata terendah adalah ketepatan bentuk dan proporsi dengan rata-rata nilai 60,5 dan 60,6. Berdasarkan data-data pada aspek penilaian, karya yang dihasilkan siswa SMP N 5 Lima Puluh masih banyak kelemahan ditinjau dari prinsip-prinsip seni rupa. Rata-rata siswa kurang mampu membuat bentuk dan proporsi dengan tepat, siswa kurang mampu mengatur dan menata komposisi objek yang bagus. dan siswa belum mahir dalam membuat arsiran yang bergradasi pada objek sesuai gelap terang dan pencahayaan sesuai objek nyata. Dari hasil pengamatan secara keseluruhan berdasarkan bukti-bukti penilaian karya, dapat disimpulkan bahwa kualitas karya gambar bentuk yang dihasilkan siswa SMP N 5 Lima Puluh kurang baik dan kurang bermutu ditinjau dari prinsip-prinsip seni rupa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 741 Kha a
Keywords: Menggambar bentuk; Geometris; Komposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 08 Sep 2016 04:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16582

Actions (login required)

View Item
View Item