Pengaruh Tes Bentuk Teka-TekiSilang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Nusantara Pada Siswa KelasX SMA Negeri 1 Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pelajaran 2013/2014

Syafitri, Vivi (2014) Pengaruh Tes Bentuk Teka-TekiSilang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Nusantara Pada Siswa KelasX SMA Negeri 1 Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 209151028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 209151028 COVER.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 2. 209151028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 209151028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of 3. 209151028 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. 209151028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 4. 209151028 KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 209151028 KATA_PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 5. 209151028 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 209151028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 6. 209151028 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 209151028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 7. 209151028 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 209151028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 8. 209151028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 209151028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 9. 209151028 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. 209151028 BAB I.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 13. 209151028 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 209151028 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 14. 209151028 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. 209151028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh tes bentuk Teka-Teki Silang (TTS) terhadap hasil belajar seni rupa Nusantara pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sipispis. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi penelitian adalah seleuruh siswa kelas X yang berjumlah 4 kelas yakni sebanyak 130 siswa. Sampel diambil secara random sampling (acak) sebanyak 64 siswa yaitu kelas X-A dan X-B. Pada kelas X-A dilakukan dengan pemberian tes TTS (Eksperimen) dan pada kelas X-B dilakukan dengan pemberian tes pilihan ganda (Kontrol). Untuk mengetahui hipotesis yang dirumuskan dengan menggunakan uji statistic t. hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata pre tes kelas Eksperimen diperoleh 72,438 dengan standar deviasi 5,174 dan nilai rata-rata pretes kelas Kontrol diperoleh 71,250 dengan standar deviasi 5,697. Uji hipotesis menunjukkan thitung pada dk = 62 dengan taraf &#945; = 0,05 diperoleh 0,895 sedangkan ttabel pada dk = 62 dan tafar &#945; = 0,05 diperoleh 1,669.Oleh karena thitung < ttabel maka hipotesis Ho diterima yang artinya tidak ada perbedaan kemampuan awal antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol pada pokok bahasan seni rupa Nusantara. Sedangkan hasil post tes menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan pemberian tes TTS diperoleh 88,125 dengan standar deviasi 5,229dan hasil belajar siswa yang diberi tes Pilihan Ganda diperoleh nilai rata-rata 83,875 dengan standar deviasi 26,306. Dengan demikian hasil belajar siswa yang diberi tes TTS lebih baik daripada siswa yang diberi tes Pilihan Ganda. Uji hipotesis menunjukkan thitung pada dk = 62 dengan taraf &#945; = 0,05 diperoleh 3,36 sedangkan ttabel pada dk = 62 dan taraf &#945; = 0,05 diperoleh 1,66.Oleh karena itu thitung > ttabel, maka hipotesis Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif tes bentuk teka-Teki silang (TTS) terhadap hasil belajar siswa seni rupa Nusantara pada siswa di kelas X SMA Negeri 1 Sipispis kabupaten Serdang Bedagai tahun pelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 740.71 Sya p
Keywords: Belajar; Budaya rupa prasejarah; Budaya bubu tua
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Pranandiah Popi Pitaloka
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 05 Oct 2016 07:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16579

Actions (login required)

View Item
View Item