Tumanggor, Arko Alfathar (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBASIS KOLABORATIF DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 SECANGGANG. Masters thesis, UNIMED.
8126175003 Judul.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
8126175003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
8126175003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8126175003 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
8126175003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
8126175003 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8126175003 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
8126175003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8126175003 Bab I.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
8126175003 Bab V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8126175003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui apakah ada Perbedaan hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbasis kolaboratif dan model pembelajaran Direct Instruction; Perbedaan hasil belajar fisika antara kelompok sikap ilmiah rendah dan kelompok sikap ilmiah tinggi; Interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat sikap ilmiah siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar fisika dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal dan insrumen angket sikap ilmiah sebanyak 22 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbasis kolaboratif dan model pembelajaran Direct Instruction, artinya bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih baik dari model pembelajaran Direct Instruction. Terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara kelompok sikap ilmiah rendah dan kelompok sikap ilmiah tinggi, ini artinya bahwa hasil belajar siswa yang mempunyai sikap ilmiah tinggi lebih baik dari hasil belajar siswa yang mempunyai sikap ilmiah rendah. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat sikap ilmiah siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, artinya bahwa model kooperatif tipe Group Investigation baik diterapkan pada siswa yang mempunyai sikap ilmiah tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Tum e |
Keywords: | Group investigation; Sikap ilmiah dan hasil belajar; Hakikat model pembelajaran kooperatif tipe group |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 03:36 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1577 |